Saat ini, pandemi virus Covid 19 masih terus menunjukkan adanya penyebaran. Meski perlahan dan bertahap pemerintah memberi kesempatan masyarakat untuk mulai beraktivitas sambil diikuti sosialisasi kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, tetapi upaya penanggulangan pandemi tersebut masih belum tuntas sepenuhnya. Oleh karena itu, untuk mendukung usaha-usaha pemerintah dalam mengatasi pandemi ini sampai tuntas dalam perpanjangan masa tanggap darurat di Yogyakarta maupun perpanjangan PSBB transisi di Jakarta , maka panitia kembali menunda semua Agenda Diklat Indonesia Menulis untuk bulan Agustus 2020.

Diklat Indonesia Menulis secara offline rencana akan mulai diselenggarakan kembali bulan SEPTEMBER 2020 dengan memperhatikan situasi dan kondisi, serta arahan dari pemerintah terkait masa penanganan pandemi ini.

Harap para calon peserta yang telah merencanakan untuk bergabung dalam Diklat Indonesia Menulis pada bulan Agustus 2020 dapat menyesuaikan dengan jadwal selanjutnya.

Kiranya Bapak, Ibu dan Saudara dapat terus menjaga SEMANGAT UNTUK MENULIS demi penyediaan pustaka-pustaka yang memuat CERITA-CERITA, pendapat-pendapat, PENGETAHUAN dan keterampilan BARU bagi Indonesia kita, hingga saatnya nanti Bapak, Ibu dan Saudara dapat mewujudkannya melalui Diklat dan pendampingan panitia Indonesia Menulis.

Di saat Bapak, Ibu dan Saudara harus tetap tinggal di rumah, teruslah untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mengumpulkan bahan-bahan tulisan, baik itu pengalaman, pengetahuan dan keterampilan, cerita-cerita dan aneka tips trik yang dimiliki, sehingga pada saat mengikuti Diklat nanti, Bapak, Ibu dan Saudara sudah siap untuk langsung mewujudkan cita-cita sebagai Guru Bangsa melalui pustaka.

Bagi Bapak-Ibu Dosen yang telah melakukan penelitian dapat mengikuti program Penulisan dan Penerbitan Buku Monograf atau program Indonesia Riset Kreatif bagi Bapak dan Ibu yang sedang menyusun Tesis atau Disertasi. Program dilangsungkan dengan cara Pelatihan Jarak Jauh (PJJ). Sementara itu, kami juga sedang mempersiapkan pelatihan jarak jauh untuk program Indonesia Menulis.

Salam Indonesia Menulis.