Bulan ini, para lulusan SMA yang akan melanjutkan studi sibuk memilih universitas bereputasi. Mereka berburu informasi dengan mendatangi universitas-universitas yang ada di kotanya. Tidak menutup kemungkinan, mereka juga berkunjung ke universitas di luar kota bahkan ke luar pulau yang menjadi incarannya. Untuk pencarian informasi itu, mereka harus mengeluarkan biaya transportasi yang besar.

Sebagian dari antara mereka yang terampil menggunakan internet memilih untuk memanfaatkan aplikasi-aplikasi search engine. Lewat aplikasi itu, mereka dapat mencari, mengumpulkan dan membandingkan universitas yang satu dengan universitas yang lain. Mereka dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk mendapatkan profil universitas, tata aturan untuk seleksi dan formulir pendaftaran mahasiswa baru. Mereka dapat memperoleh informasi universitas yang dituju kapan saja tanpa terpaku dengan jam kerja unit kehumasan atau pemasaran universitas itu.

Namun, setelah menemukan dan mengakses situs-situs web universitas, tidak sedikit di antara mereka yang mengalami kebingungan dalam menentukan pilihannya. Tidak sedikit dari antara mereka yang kesulitan untuk melihat gambar reputasi universitas lewat situs web itu dan menimbangnya.

 

Fungsi Web

Saat ini, penggunaan situs web sudah menjadi hal yang biasa bagi universitas untuk menyajikan informasi-informasi baik yang terkait profil maupun keunikan dan keunggulannya. Situs itu berfungsi sebagai plaza informasi. Dimana, setiap pengunjung dapat membaca berita, foto dan agenda kegiatan, status akreditasi universitas dan program studi, struktur organisasi, logo-logo lembaga-lembaga yang menjadi mitra, fasilitas dan layanan pendidikan yang disediakan, profil dosen dan tenaga adminstrasi yang siap melayani para mahasiswa dan orangtuanya, serta alumni.

Situs universitas itu menjadi semacam papan pengumuman bagi semua fakultas, program studi dan semua unit layanan administrasi dan kegiatan kemahasiswaan. Semua denyut kehidupan, baik akademis dan non akademis dari universitas akan tersaji dalam situs itu.

 

Gambar reputasi

Dari informasi dan fasilitas yang tersaji, calon mahasiswa dapat melihat dan menilai gambar reputasi universitas. Akreditasi universitas dan program studi menggambarkan berapa lama lembaga itu hadir di tengah-tengah masyrakat, serta kemampuan dan kualitas manajerialnya. Keteraturan penyelenggaraan wisuda menunjukkan bahwa proses pendidikan berlangsung dengan baik. Skala kegiatan yang diselenggarakan atau diikuti dosen dan mahasiswa dapat menggambarkan reputasi universitas dan program studi di tingkat kotamadya/ kabupaten, propinsi, nasional bahkan internasional. Logo-logo lembaga mitra yang tercantum menunjukkan bahwa universitas memiliki jejaring yang luas baik di dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, ketersediaan aplikasi-aplikasi seperti pendaftaran online, e-class, e-book dan e-journal menunjukkan universitas memiliki kemampuan untuk menyerap ilmu dan teknologi terbaru. Tingkat pendidikan para dosen menggambarkan kesiapan universitas dalam menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan. Testimoni para alumni menunjukkan tingkat kepuasan terhadap proses pendidikan yang menghantarkan dirinya meraih gelar kesarjanaan.

 

Penutup

Di era internet ini, sudah saatnya para calon mahasiswa baru memanfaatkan situs web yang dibangun universitas. Dari situ itu, dapat diperoleh gambaran tentang reputasi universitas secara utuh.

Selain itu, setiap informasi yang disajikan pihak universitas akan terkontrol dan teruji oleh publik yang mengakses situs itu. Dengan demikian, calon mahasiswa baru akan terbantu untuk menemukan universitas yang benar-benar eksis dan memiliki reputasi akademis yang terbaik.

 

Penulis;

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM

(Terbit di Harian Bernas, Rabu, 12 Juli 2017)